Pages

Minggu, 29 Juli 2012

Naskah Drama

Sewaktu aku masih kelas 8 smp dulu, kelasku di tugaskan untuk membentuk kelompok dan menunjukkan aksi drama di depan kelas. Naskahnya pun mesti di susun sendiri untuk masing-masing kelompok. Aku dan kelompokku pun akhirnya mendapatkan sebuah alur cerita dan kami sepakat memberikan judul naskah cerita kami itu “penghianatan sahabat”. Cerita naskah kami memang tidak logis atau khayalan belaka namun kami sengaja membuat ceritanya seperti itu agar terkemas menarik namun ada pelajaran yang dapat di petik. Sewaktu mempraktekkan drama di depan kelas rasanya gugup tapi pas udah di jalani wah seru banget, di drama ini aku berperan menjadi paranormal sekaligus ibu peri (gak bakalan pernah terlupa^^). Nah, kali ini remaja oke mau berbagi naskah pengalaman sewaktu itu. Bahasanya memang kurang rapi, maklum waktu itu baru pertama kali bikin naskah cerita kaya gini. :) Ini nih naskahnya…




PENGHIANATAN SAHABAT

            Dihutan belantara,ada sebuah desa kecil.Desa itu bernama desa tidur.Didesa itu terdapat 5 sahabat yang bernama Adi,Ika,Murni,Irga,Evi.

Adi      :(menghampiri teman-temannya yang masih tidur)Woi..bangun!!!jadi ga kita jalan-jalan kehutan.

Ika      :entar…mandi dulu!!!

            Ika,Murni,Irga, dan Evi masih males-malesan bangun dari tempat tidur.

Adi      :Ayo cepet…!!!ntar kita kesiangan,pulangnya bisa kemaleman. Ayo…cepet… cepet…cepet….!


Ika ,
Evi ,Murni ,Irga :iya…!!!

            Evi dan Irga marah dengan adi karna adi terlalu ambisius dan memerintah-merintah mereka.


Evi       :eh…ga kamu benci ga sama Adi..
Irga    :ya iya lach secara dia suka merintah gitu ko…
Evi       :bener udah orang nya suka merintah-merintah yang aku bingungin lagi semua orang tuch perhatian  sama Adi…

Irga    :iya bener vi…

Evi       :Gini aja ga…gimana kalau kita racuni aja si Adi…

Irga    :walaupun aku benci,tapi aku ga mau bunuh orang vi…

Evi       :siapa yang bunuh…

Irga    :Loch bukannya tadi kata kamu kita mau ngeracuni si adi…
Evi       :iya..emang kita mau ngeracuni adi tapi bukan pake racun yang bisa buat orang meninggal tapi kita pake racun ajaib yang bisa bikin si Adi tidur selamanya ku punya kartu nama paranormal yang punya racun ajaib itu ko…

Irga    :boleh juga ide kamu…

Murni :irga,evi ayo kita pergi…

Irga
evi         :Iya…

            Pada saat dihutan Irga dan Evi berjalan paling belakang…

Evi       :eh ga ada kesempatanh nich kita ke tempat para normal yang ku bilang tadi mumpung mereka ga sadar kita jauh dibelakang mereka…(Evi dan Irga berbisik)

Ika      :(membaklikkan badannya)woi cepetin jalannya

Irga,Evi :iya..!duluan gih entar kami nyusul…

Irga    :vi ayo mumpung mereka ga ngeliat kita…

            Irga dan Evi menemui paranormal itu..

Paranormal :Ada keperluan apa kalian datang ke sini…

Evi dan irga saling dorong mendorong untuk siapa dulu yang berbicara

Evi       :gini loch mbah kita datang kesini untuk minta racun ajaib untuk ngeracuni teman kami mbah…
           
Paranormal:sudah saya duga..ha..ha..ha…

Irga    :(membisiki evi)kalau udah tau ngapain coba dia tadi nanya lagi.,ya ga…

Paranormal :hei…apa yang kalian bisikkan saya mendengar…tau…

Irga,evi:maaf mbah(sambil agak takut)

Paranormal :ini racun ajaibnya…campurkan racun ini ke dalam minuman/makanan yang ingin kalian beri racun dan berikan kepadanya…kalian mengerti !!!

Irga dan Evi: iya mbah mengerti…

  Mereka pun kembali kerumah…sebelumnya,teman-teman yang lain juga sudah pulang kerumah dengan mengkhawatirkan keadaan Irga dan Evi kalau ada apa-apa yang terjadi kepada mereka…

Murni:kalian dari mana saja,,kami semua khawatir dengan keadaan kalian…

Irga :iya maaf..maaf tadi kami kecapean dan beristirahan sebentar dibawah pohon tanpa kami sadari kami telah tertidur…

 Ika merasa curiga kepada merika atas jawaban mereka…
Lalu ketika malam hari mereka datang ke rumah adi dengan membawakan secangkir juz dan 3 potong kue yang salah satunya telah diberikan racun ajaib…

Irga,dan Evi :Adi….

Adi:iya sebentar…(lalu adi membukakan  pintunya) eh evi,irga…masuk..masuk ada keperluan apa  nich kalian kerumah ku…

Irga :engga di…kami ke sini cuman pengen ngasih kamu kue n juz ini …

Adi :wach…makasih ya...ayo kalian makan juga kuenya… 3 potong kan pas buat kita bertiga
Evi:untung aja kita cuman masukin disatu kue racunnya dan 2 lagi tidak beracun..(membisiki evi)

Irga:iya…

Adi :ayo di makan…

Irga,Evi :Iya…

Ketika Adi sudah memakan kue dan juz yang telsh berisi racun ajaib itu adi langsung pingsan…Irga da Evi pun langsung pulang dari rumah adi…tanpa sengaja murni melihat mereka keluar dari rumah adi..

Murni : (dengan nada pelan sambil mengintip)sedang apa si irga dan murni dari rumah adi…ah
besok aja ntar ku tanyakan sama adi…


 Keesokan harinya

Murni :ka…ku tadi malam ngeliat ika ma evi dari rumah adi..habis ngapain ya mereka…
Ika:ngapain ya mereka..(sambil berpikir)eh..ngomong-ngomong tumben adi ga kerumah kita biasanya adi yang paling duluan bangun dan bangunin kita semua…

Murni :iya juga ya..kita kerumah adi sekarang yuk…
Ika:ayo…

 Ketika dirumah adi

Ika,murni :adi,,,adi…adi…
Murni :ko ga ada yang nyahut atau bukain pintu ya..
Ika : (tanpa sengaja ika membuka pintu rumah adi dan pintu rumah Adi tidak terkunci)bisa dibuka murni..ga terkonci…
Murni :iya..kita masuk aja..

 Lalu mereka masuk ke rumah Adi..mereka melihat adi berebah di tempat tidur..

Ika:adi…bangun di (sambil memegang tangan adi tertapi dia lemas)loch murni adi kenapa lemas kaya gini…
Murni :masa ka…(lalu murni juga memegang tangan adi)o ya ka benar…
Ika,murni :adi…adi…adi…bangun…
Ika:kamu kenapa di…
Murni : (murni memegang bagian pembuluh nadi bagian tangan )sepertinya adi pinsan karna urat nadinya masih berdenyut…jangan…jangan…Irga dan Evi yang melakukan ini semua…

            Datanglah peri…

Peri     :Kalian jangan sedih…aku akan menyembuhkan teman kalian…
Ika,Murni:Makasih peri
Peri     :IYA…IYA…

            Sementara itu dihutan Evi dan Irga dikerjai habis-habisan oleh peri…
            Peri itu menggunakan tongkatnya dan dibuatnya kepala si Irga seperti ada yang dorong…
Karena irga hanya berdua dengan Evi jadi dikira Irga Evi yang dorong kepalanya…

Irga    :kamu kenapa sich vi…kalo kamu ga suka…aku bilang aja…
Evi       :makasud kamu apa ga(dengan bingung)
Irga    :kamu kan yang dorong kepala aku tadi…??!!
Evi       :dorong kepala apa aku ga ngerti,,,apa yang kamu maksud ga…(dengan semakin bingungnya)
Irga    :ya udah lach lupain aja…

            Tidak berapa lama peri mengerjai mereka lagi dengan cara menggunakan tongkatnya dan membuat seperti ada yang mendorong Evi sampai Evi terjatuh dari tempat duduknya…Evi pun menyangka Irga yang melakukannya…

Evi       :apa sich yangkamu maksud ga…
Irga    :apanya vi…
Irga    :kamu kan yang dorong aku tadi sampai jatuh.
Irga    :Ga ada…
Evi       :alach…

            Disitu ada cekcok…peri pun datang,dan berpura-pura sebagai hantu dengan menakuti mereka,peri hanya mengeluarkan kata-kata…

Peri     :(menyamar)hi…kalian….
Evi       :suara apaan tuch ga…(dengan perasaan takut)
Irga    :aku juga ga tau(juga ketakutan)

            Lalu peripun keluar…
Peri     :hi…kalian…
Irga    :(menyangka peri adalah hantu)maaf…maaf…kalau kakakami ada sasasalah…(dengan
perasaan takut)
Peri     :tenang saja aku bukan hantu atau setan seperti apa yang kalian pikirkan…aku Cuma mau nanya sama kalian apa kalian pernah sadar kalau kalian pernah melakukan kesalahan yang sangat besar…

Irga,Evi:kayanya ga ada dech…

Peri     :kalian ga sadar…huchhh…(peri menghembuskan napasnya)terus yang kalian lakukan kepada Adi itu apa…apa kalian sadar dia itu teman kalian sendiri…

Irga    :iya kami tau…
Peri     :apa kalian tidak merasa bersalah dengan apa yang sudah kalian lakukan…
Evi       :kami tau perbuatan kami salah tapi…Adi juga selama ini…
Peri     : (langsung memotong pembicaraan evi)irga,Evi…aku tau kalian marah kepada adi karna adi sudah memerintah memerintah kalian dan banyak yang perhatian dengan adi…seharusnya kalian sadar adi bukannya bermaksud memerintah memerintah kalian…dia hanya ingin supaya temannya bisa disiplin…dan kalau banyak yang perhatian dengan adi itu wajar karena ia baik,sebenarnya juga banyak yang perhatian dengan kalian,seperti saat kalian ke rumah paranormal itu..sahabat sahabat kalian mengkhawatirkan keadaan kalian bukan,…

            Irga dan Evipun menangis menyesali perbuatan mereka…

Evi       :lalu bagaimana dengan adi…

Irga    :apa adi bias dibangunkan
Peri     :saya bisa membangunkan adi…tetapi kalian harus janji bila adi sudah sadar nanti kalian harus segera meminta maaf kepada adi…gimana…
Irga,   :iya kami janji,suer,sumpah!!!iya ga vi…
Ev        i:iya…

            Lalu peri datang ke rumah adi dan membangunkan adi dari tidurnya dengan menggunakan tongkat ajaibnya,lalu adipun terbangun..

Adi      :ada apa ini…apa yang telah terjadi…

            Ika dan murni pun menceritakan yang telah terjadi…
            Tidak beapa lama Irga da Evipun datang..

Irga    :di…maafkan kami ya di…kami telah melakukan kesalahan yang sangan besar…yang mungkin takan bisa tuk dimaafkan…
Evi       :di kami siap dihukum apa saja untuk bias menebus kesalahan kami…apa pun yang kamu perintahkan akan kami lakukan…

Adi      :bener kaya gitu…??!
Irga,Evi :bener…
Adi      :okay kalo kaya gitu kalian ku hukum….
Evi       :hukuman apa di…
Irga    iya hukuman apa
Adi      :kalian aku hukum tuk harus jadi teman aku selamanya gimana…
Irga    :maksut kamu…
Adi      :iya…aku malah seneng kita jadi teman…kalau aku hukum atau aku musuhi kalian kan
rasanya aneh…lagi pula cari temen 1 kan lebih susah dari pada cari 1000 musuh ya ga…

Evi,Irga:achh….adi…kamu baik banget….makasih ya…
Adi      : iya…sama-sama…achh ga juga emang seharusnya seperti itukan…

            Akhirnya mereka sadar bahwa hiri,dengki itu hanya membawa ke penyesalan,dan pertemanan atau persahabatan itu penting jadi jaga lah baik-baik pertemanan atau persahabatanmu ya…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar