Pages

Kamis, 18 April 2013

Notula

Beberapa waktu yang lalu aku ada tugas bikin notula and ini tugas notula pertama ku. Jadi maklum aja ya kalau masih banyak banget kekurangannya...hehe 
ini dia hasil notula aku...^^



Diskusi KTI Tentang Kebiasaan Siswa-Siswi SMA N 1 Martapura kelas X dan XI dalam Penggunaan Handphone Pada saat Kegiatan Belajar Mengajar Berlangsung

Tempat                        : Ruang bahasa Inggris 3 SMA N 1 Martapura
Tanggal                       : 9 Maret 2013
Waktu                          : Pukul 11.10 – 12.05 WITA
Moderator  diskusi      : Agnina Rizqika Sugihadi
Penyaji diskusi            : 1. Muhammad Ikhwan Darmawan
                                      2. Roni Marudut Situmurang
Agenda Diskusi          : 1. Pembukaan
  2. Pemaparan Masalah
  3. Tanya Jawab
  4. Penutup
Peserta diskusi            : Siswa-siswi kelas XI IPS 3 SMA N 1 Martapura dan guru pendidik
  bahasa Indonesia
Jumlah peserta hadir   :16 orang, terdiri dari :
1.   15 siswa-siswi (6 laki-laki dan 9 perempuan)
2.   Guru pendidik 1 orang
Berhalangan hadir       : 14 orang
Agenda diskusi           :
I.             Pembukaan
Diskusi dibuka pada pukul 11.10 WITA
II.          Pemaparan Masalah
Roni Marudut Situmurang dan Muhammad Ikhwan Darmawan, selaku penyaji diskusi, menyampaikan bahwa saat ini para pelajar telah menggunakan telepon genggam dalam kegiatan mereka sehari-hari, begitu juga siswa-siswi kelas X dan XI SMA N 1 Martapura, bahkan mereka menggunakan telepon genggam saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penyaji diskusi menjelaskan kebiasaan siswa-siswi SMA N 1 Martapura kelas X dan XI dalam penggunaan telepon genggam pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
III.       Tanya Jawab
Acara tanya sesi pertama diisi oleh dua penanya.
1.      Ruly Rahmadita (kelompok 5) menanyakan tayangan powerpoint di bagian dampak positif dan negatif dan penjelasan dari pemborosan yang sia-sia.
2.      Ayu Jatra Putri Sichona (kelompok 2) menanyakan contoh dan maksud dari melunturnya nilai moral dan sopan santun.

Acara jawab sesi pertama.
1.      Roni Marudut Situmurang (penyaji diskusi) menjawab pertanyaan dari Ruly Rahmadita bahwa ditayangan powerpoint memang tidak ditayangkan penjelasan-penjelasannya karena kami hanya menayangkan bagian pokok-pokoknya saja, namun penjelasan-penjelasan tersebut telah kami muat dalam karya tulis ilmiah kami. Sedangkan yang dimaksud dengan pemborosan yang sia-sia ialah seringkali para pelajar menggunakan telepon genggam untuk hal-hal yang kurang penting seperti untuk bbm-an dan membuka jejaring sosial di internet, untuk menggunakan fasilitas bbm dan internet tentunya memerlukan pulsa yang tidak sedikit, berarti mereka melakukan pemborosan untuk membeli pulsa.

2.      Roni Marudut Situmurang (penyaji diskusi) menjawab pertanyaan dari Ayu Jatra Putri Sichona bahwa contoh melunturnya nilai moral ialah menggunakan telepon genggam saat jam belajar berlangsung, bila mereka menggunakan telepon genggam saat kegiatan belajar mengajar berlangsung artinya mereka tidak menghargai guru yang sedang mengajar. Contoh melunturnya sopan santun ialah saat sms-an mereka tidak memperdulikan tanda baca dan huruf yang mereka gunakan seperti menggunakan tanda seru yang menandakan rasa emosi yang kuat, sedangkan maksud si pengirim tidak seperti itu.

Acara tanya sesi kedua dengan diisi tiga penanya.
1.      R. Dalhar Pilihanto,  M.Pd. (guru bahasa Indonesia) menanyakan kalimat terakhir bagian saran, apakah mencari kalimat tersebut dari internet, selanjutnya R. Dalhar Pilihanto,  M.Pd. menanyakan maksud judul karya tulis ilmiah dan judul karya tulis ilmiah yang benar.
2.      Bambang Eko Kurniawan (kelompok 3) menanyakan pencarian bahan atau materi pelajaran.
3.      Dewi Kurnia Sari (kelompok 2) menanyakan tentang dengerin musik termasuk dalam ejaan yang disempurnakan atau tidak dan penggunaan potongan kalimat menurut pendapat saya di dalam tugas karya tulis ilmiah kelompok.

Acara jawab sesi kedua.
1.      Roni Marudut Situmurang (penyaji diskusi) menjawab pertanyaan dari R. Dalhar Pilihanto,  M.Pd. bahwa kalimat terakhir pada bagian saran tersebut memang kami cari dari internet. Pertanyaan R. Dalhar Pilihanto M.Pd. yang berikutnya dijawab oleh Muhammad Ikhwan Darmawan bahwa yang dimaksud dari judul kami ialah kebiasaan siswa dan siswi kelas X dan XI di SMA N 1 Martapura yang meenggunakan telepon genggam saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, namun judul karya tulis kami salah sehingga Muhammad Ikhwan Darmawan menjawab pertanyaan R. Dalhar Pilihanto M.Pd. selanjutnya dengan disempurnakan oleh R. Dalhar Pilihanto M.Pd. bahwa judul yang benar ialah “Kebiasaan Siswa Siswi SMA N 1 Martapura kelas X dan XI dalam Penggunaan Handphone Pada saat Kegiatan Belajar Mengajar Berlangsung”.

2.      Muhammad Ikhwan Darmawan (penyaji diskusi) menjawab pertanyaan dari Bambang Eko Kurniawan bahwa menurut pendapat kami para pelajar mencari bahan pelajaran bukan hanya dari internet saja namun yang utama melalui buku sedangkan telepon genggam atau internet hanya sebagai bahan referensi untuk melengkapi data-data pelajaran yang kurang lengkap di buku.

3.      Roni Marudut Situmurang (penyaji diskusi) menjawab pertanyaan dari Dewi Kurnia Sari bahwa dengerin musik dan menurut pendapat saya itu memang kesalahan dari kelompok kami dan dengerin musik bukan termasuk ejaan yang disempurnakan.

IV.       Penutup
Diskusi pembahasan kebiasaan siswa-siswi SMA N 1 Martapura dalam penggunaan telepon genggam pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung ditutup pada pukul 12.05 WITA oleh Agnina Rizqika Sugihadi, selaku moderator diskusi.


                                                                                                            Martapura, 9 Maret 2013
                   Diketahui oleh,                                                                            
    Guru Pendidik Bahasa Indonesia                                                               Notulis,



        R. Dalhar Pilihanto,  M.Pd.                                                  Afrisintha Icha Serafvilla Jainab
      NIP 19710627 199802 1 001                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar